Senin, 26 Agustus 2013

Jokowi berambisi bangun 500 tower rusun tahun depan

Rusun Marunda.
Gubernur Jokowi berambisi menjadikan Jakarta kota pertama di seluruh negara yang mampu merelokasi warga perkampungan kumuh ke tempat yang lebih tertib. Untuk menyukseskan program itu, dia bakal menyiapkan 500 tower rumah susun dengan total hunian 50 ribu unit.

"Nah saya kira kalau itu bisa terwujud, kita menjadi negara pertama di dunia yang melakukan pemindahan, relokasi penduduk dari kawasan kumuh ke kawasan yang lebih tertib. Belum ada di dunia ini yang pernah melakukan itu, sampai 50 ribu disediakan, itu yang pak gubernur ingin lakukan," ujar Wakil Gubernur, Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta, Senin (26/8).

Salah satu titik pembangunan ratusan rusun ada di kawasan Marunda. Di sana, lanjut Ahok, ada tanah seluas 400 hektare.

"Kan masih ada tanah kosong. Setiap petak tanah di DKI kita mau bangun rusun, sehingga orang betul-betul tinggal, dekat tempat kerjanya," katanya.

Jika tempat tinggal berdekatan dengan tempat kerja, secara otomatis kemacetan dan biaya hidup, maupun sektor sosial akan berubah. Sedangkan bagi mereka yang menganggur, bakal dibuatkan tempat pelatihan kerja.

"Nah kita juga lagi buat pelatihan. Kayak tadi kita berbicara dengan bapak pengusaha, mereka mau membantu pelatihan operator alat berat. Di Jakarta nih hampir semua operator-operator datang dari luar. Padahal gajinya begitu tinggi dan baik, kenapa tidak mau melatih," jelasnya.

Selain itu, di kawasan Rusun Marunda rencananya bakal di dibuat kawasan perikanan yang dibangun di atas lahan 170 hektare. Fasilitas lainnya ada dermaga baru di Tanjung Priok khusus penyeberangan ke Bekasi melalui Kanal Banjir Timur (KBT).

"Terus ada kawasan ekonomi khusus mungkin 2015 atau 2016 mulai dibangun, 1.500 hektare ada pelabuhan new Tanjung Priok. Sehingga orang betul-betul tinggal di sana, bermain di sana, rekreasi kerja di sana, jadi kehidupan keluarga akan lebih baik, waktunya banyak," terangnya.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon