Senin, 26 Agustus 2013

Jokowi akan 'betawikan' terminal bus di Jakarta

Jokowi.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan memugar terminal bus di seluruh Jakarta. Terminal-terminal tersebut akan beraksen betawi agar Jakarta memiliki ciri khas dibanding daerah lain.

"Semua terminal akan kita rombak. Nanti akan ada kekuatan budaya betawi di situ," ujar Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Jokowi mengatakan, perombakan seluruh terminal Jakarta akan dilakukan setelah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI tahun 2013 cair. Sebab, saat ini Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUAPPAS) sebagai dasar pembahasan RAPBD masih digodok di DPRD.

"Semua APBD tahun depan semuanya berubah kita bangun, targetnya secepatnya," tandasnya.

Seperti diketahui, Jokowi telah menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) untuk pembangunan gedung, perkantoran maupun mal berciri khas Betawi. Pasalnya, ia ingin bangunan di Ibu Kota memiliki ciri khas tersendiri dari provinsi lainnya.

"Ya ini dalam proses, Perdanya masih jalan," ujar Jokowi di Balai Kota Jakarta, Senin (1/7).

Mantan wali kota Solo ini mengatakan, Pergub tentang pembangunan gedung berciri khas Betawi akan rampung tahun ini. "Ada Pergubnya ada, saya dorong tahun ini lah, saya dorong," katanya.

Sebelumnya, Jokowi kecewa selama ini budaya Betawi kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Padahal, sebagai ibu kota Indonesia, DKI harusnya mempunyai ciri khas. "Banyak sekali yang harus kita angkat. Beberapa puluh tahun dilupakan, padahal Jakarta punya karakter dan identitas," kata Jokowi, Minggu (2/12).

Untuk mengembalikan budaya yang hilang itu, Jokowi minta setiap pembangunan gedung, hotel, pusat perbelanjaan di Jakarta memiliki karakter budaya khas Betawi.

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon