Minggu, 25 Agustus 2013

7 Museum paling unik di Amsterdam

Museum di Amsterdam.
Amsterdam sering disebut sebagai kota museum. Kenapa? Karena ada lebih dari 400 museum dan galeri seni yang dibangun di Amsterdam. Dan, museum menjadi salah satu atraksi wisata utama yang paling dicari di Belanda. Rijksmuseum, Museum Van Gogh, Anne Frank House dan Museum Stedelijk adalah beberapa museum yang populer di Amsterdam. Tetapi, Anda masih bisa menemukan banyak museum kecil yang tidak hanya menarik, tetapi juga unik.Berikut adalah tujuh museum paling unik yang dapat dijumpai di Amsterdam.

1. Museum Vrolik

Museum di Amsterdam.
Museum Vrolik memiliki koleksi luar biasa dari spesimen patologis, anomali embrio, tengkorak dan tulang, serta kelainan anatomi lainnya. Semua koleksi ini dulunya milik Gerardus Vrolik (1755-1859), salah satu ilmuwan penting Belanda kala itu. Willem Vrolik adalah seorang pelopor dalam bidang teratologi - studi cacat - subjek populer bagi ahli anatomi pada abad ke-18 dan 19. Willem menerbitkan beberapa monograf pada mata pelajaran teratological dan berhasil mengumpulkan ribuan spesimen.

Setelah kematian Willem di tahun 1859, semua koleksinya dibeli oleh sekelompok warga Belanda dan ditawarkan kepada pemerintah kota Amsterdam untuk ditempatkan dalam suatu lembaga yang disebut Athenaeum Illustre, yang kemudian menjadi Universitas Amsterdam saat ini.

2. Torture Museum

Museum di Amsterdam.
Museum ini mendokumentasikan sejarah kekejaman manusia. Torture Museum berisi artefak yang ditata dalam labirin kecil yang gelap, sehingga menciptakan suasana yang muram dan mengerikan. Meski beberapa perangkat yang dipajang di museum ini asli dan antik, ada banyak perangkat yang telah direkonstruksi secara modern. Beberapa perangkat ada yang dipajang dalam kotak kaca, tetapi hampir sebagian besar ditaruh di tempat terbuka dan dapat disentuh oleh pengunjung.

3. Sex Museum

Museum di Amsterdam.
Berlokasi di dekat Stasiun Pusat Amsterdam, Sex Museum berhasil menarik lebih dari 500.000 pengunjung setiap tahun. Museum ini memiliki koleksi yang kaya dan menarik yang terkait dengan kegiatan seks manusia, seperti foto, boneka porselen, dan banyak item lain. Para pengunjung juga bisa melihat sosok Venus di pintu masuk dan patung lilin Mata Hari serta aktris cantik Marilyn Monroe.

4. Hash, Marihuana dan Hemp Museum

Museum di Amsterdam.
Hash, Marihuana dan Hemp Museum menawarkan berbagai informasi tentang sejarah dan kegunaan ganja untuk tujuan pengobatan, agama dan budaya. Museum ini juga berfokus pada bagaimana ganja dapat digunakan untuk keperluan pertanian dan industri, bahkan termasuk aksesori pakaian dan produk kosmetik yang terbuat dari serat rami. Museum ini juga sekaligus menjadi taman ganja yang menunjukkan berbagai tahap pertumbuhan ganja.

5. Tattoo Museum

Museum di Amsterdam.
Dibuka pada bulan November 2011, Tattoo Museum di Amsterdam menjadi salah satu museum dengan konsep paling baru di dunia. Museum ini menyajikan informasi tentang sejarah seni merajah kulit dan berbagai koleksi artefak dari seluruh dunia, termasuk jarum tua, foto, dan poster aneh. Item lainnya termasuk pajangan daging dalam toples acar, kulit babi dan manusia.

6. KattenKabinet

Museum di Amsterdam.
Kattenkabinet atau Cat Cabinet didedikasikan sepenuhnya untuk kucing. Didirikan pada tahun 1990 oleh William Meijer, seorang bangsawan Belanda yang ingin tetap mempertahankan kenangan tentang kucingnya, Tom. Koleksi museum ini mencakup lukisan, gambar, patung dan karya seni lainnya oleh Pablo Picasso, Rembrandt, Henri de Toulouse-Lautrec, Corneille, Sal Meijer, Theophile Steinlen, dan Joze Ciuha.

7. Dutch Funeral Museum

Museum di Amsterdam.
Didirikan pada tahun 2007, Dutch Funeral Museum didedikasikan untuk budaya pemakaman di Belanda. Koleksi museum ini meliputi benda-benda yang terkait dengan pemakaman, termasuk kereta seremonial abad kesembilan belas, mobil jenazah, surat berita kematian, dan pakaian berkabung. Museum ini juga memperlihatkan adat-istiadat pemakaman di zaman kerajaan dan di pedesaan yang hingga kini masih tetap dilestarikan.

Inilah tujuh museum paling unik di Amsterdam. Museum bisa menjadi tempat wisata yang menarik dan unik untuk kita kunjungi. Selain itu, museum juga menjadi gudang informasi yang memberi kita banyak pengetahuan tentang beragam hal.



Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon