Jumat, 21 Juni 2013

BANK BRI Luncurkan T-Bank, Transaksi Tanpa ke Bank

Cukup dengan nomor handphone Anda sebagai rekening yang bisa melakukan berbagai transaksi tanpa harus datang ke bank.
Suka repot saat harus bolak-balik ke bank karena urusan transaksi perbankan Anda? Sudah pasti Anda akan terbantu dengan financial inclusion. Apa sih sebenarnya financial inclusion ini? Ini merupakan kemampuan individu, terutama unbankable people, untuk mengakses produk dan jasa keuangan seperti tabungan dan kredit. 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk menghadirkan layanan ini dengan menggandeng PT Telkom (Persero), Tbk untuk mendukung kebijakan pemerintah dengan model bisnis bank dan telco (hybrid).

Hal di atas ditandai dengan penandatanganan kerja sama PT BRI (Persero), Tbk dengan PT Telkom (Persero), Tbk dalam rangka Sinergi BUMN untuk Layanan Financial Inclusion oleh Direktur Konsumer Bank BRI, A. Toni Soetirto dan Direktur Enterprise dan Wholesales PT Telekomunikasi Indonesia, M Awaluddin di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Sekretaris Perusahaan BRI, Muhamad Ali, menyampaikan bahwa sistem financial inclusion yang dimaksud merupakan sistem penyedia transaksi keuangan berbasis e-Money Server Based. 

“Digunakan dengan menggunakan Mobile Number (nomor HP) sebagai Account Number (nomor Rekening) dengan nama "T-Bank" serta perluasan layanan tanpa ke bank menggunakan konsep keagenan (agent based). Jenis layanan dari financial inclusion ini juga beragam meliputi e-Money, Payments, Purchasing, Funding dan Lending,” ujarnya 

Ali juga menambahkan bahwa Telkom akan menyiapkan infrastruktur teknis mulai dari sistem hingga aplikasi serta beberapa anak perusahaan yang ikut mendukung segala kebutuhan BRI. 

Peluncuran T-Bank ini merupakan bagian komitmen BRI sebagai salah satu bank peserta Uji Coba layanan Branchless Banking yang diluncurkan Bank Indonesia pada 15 Mei lalu. Implementasi T-Bank dilaksanakan terbatas di 2 (dua) provinsi yaitu Kecamatan Ayah, Sempor dan Karanggayam di Kebumen, Jawa Tengah serta Kecamatan Rogojampi, Sempu dan Muncar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jumlah agen yang diikutsertakan berjumlah 14 agen. 

Fasilitas yang terdapat di agen tersebut adalah transaksi registrasi, transaksi penyetoran, transaksi penarikan tunai T-Bank dan beberapa transaksi lain. Agen tersebut adalah nasabah individual Kupedes BRI, mitra payment point BRI dan Plasa Telkom sebagai agen Bank dalam rangka wujud dari sinergi BUMN.
Terkait keagenan, agen dapat berupa Badan Usaha maupun Individual yang telah menjadi nasabah dan dikenal baik oleh bank, untuk individual maka calon agen tersebut harus memiliki usaha minimal berjalan 2 tahun dan merupakan putra daerah (penduduk setempat).

Nah, sementara itu non nasabah disyaratkan harus menempatkan deposit dana serta ada mitigasi risiko lainnya seperti supervisi/pengawasan oleh BRI Unit dan Teras BRI setempat yang saat ini berjumlah lebih dari 7.500 seluruh Indonesia. 

Untuk Anda ketahui, T-Bank sendiri bisa diartikan sebagai produk yang bisa mengantarkan penggunanya untuk menikmati layanan perbankan tanpa perlu jadi nasabah bank atau tanpa perlu pergi ke Bank. 

Caranya cukup sederhana dan hanya memerlukan handphone biasa, tidak harus smart phone. Tekan *212#, tekan call akan muncul menu:
  • (1) Registrasi
  • (2) Info saldo
  • (3) Pesan kode akses (untuk pengambilan di Agen atau di ATM Bank BRI)
  • (4) Ubah PIN
  • (5) Transfer antar nomor handphone
  • (6) Informasi produk dan promo lainnya.
Transaksi setoran ke rekening T-Bank bagi yang telah menjadi nasabah BRI dapat dilakukan via Mobile Banking BRI, sedangkan bagi yang bukan nasabah BRI dapat melalui Agen T-Bank. Sementara itu, untuk penarikan tunai dapat dilakukan di ATM BRI, E-Buzz BRI, Teras Keliling dan Agen T-Bank. 

Saldo maksimal rekening T-Bank yang registrasinya dilakukan melalui handphone adalah Rp 1 juta, sementara yang registrasi di agen sebesar Rp 5 juta. Untuk saat ini, nomor handphone yang dapat didaftarkan sebagai rekening T-Bank adalah Telkomsel dan selanjutnya akan dikembangkan untuk provider lainnya.

Dalam pelaksanaan uji coba di atas, program telah berjalan selama 2 minggu dan telah terdaftar sebanyak 1.782 nomor rekening T-Bank. Selanjutnya jumlah Agen diperluas ke seluruh wilayah Indonesia.

Untuk informasi mengenai BANK BRI dapat di akses melalui situs www.bri.co.id atau ikuti twitter @kontakBRI.

Sumber :
http://ads2.kompas.com/layer/bri/promobri/index.html

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)