![]() |
Cukup dengan nomor handphone Anda sebagai rekening yang bisa melakukan berbagai transaksi tanpa harus datang ke bank. |
Suka repot saat harus bolak-balik ke bank karena urusan transaksi
perbankan Anda? Sudah pasti Anda akan terbantu dengan financial
inclusion. Apa sih sebenarnya financial inclusion ini? Ini merupakan
kemampuan individu, terutama unbankable people, untuk mengakses produk
dan jasa keuangan seperti tabungan dan kredit.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk menghadirkan
layanan ini dengan menggandeng PT Telkom (Persero), Tbk untuk mendukung
kebijakan pemerintah dengan model bisnis bank dan telco (hybrid).
Hal di atas ditandai dengan penandatanganan kerja
sama PT BRI (Persero), Tbk dengan PT Telkom (Persero), Tbk dalam rangka
Sinergi BUMN untuk Layanan Financial Inclusion oleh Direktur Konsumer
Bank BRI, A. Toni Soetirto dan Direktur Enterprise dan Wholesales PT
Telekomunikasi Indonesia, M Awaluddin di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sekretaris Perusahaan BRI, Muhamad Ali, menyampaikan
bahwa sistem financial inclusion yang dimaksud merupakan sistem
penyedia transaksi keuangan berbasis e-Money Server Based.
“Digunakan
dengan menggunakan Mobile Number (nomor HP) sebagai Account Number
(nomor Rekening) dengan nama "T-Bank" serta perluasan layanan tanpa ke
bank menggunakan konsep keagenan (agent based). Jenis layanan dari
financial inclusion ini juga beragam meliputi e-Money, Payments,
Purchasing, Funding dan Lending,” ujarnya
Ali juga menambahkan bahwa Telkom akan menyiapkan
infrastruktur teknis mulai dari sistem hingga aplikasi serta beberapa
anak perusahaan yang ikut mendukung segala kebutuhan BRI.
Peluncuran T-Bank ini merupakan bagian komitmen BRI
sebagai salah satu bank peserta Uji Coba layanan Branchless Banking
yang diluncurkan Bank Indonesia pada 15 Mei lalu. Implementasi T-Bank
dilaksanakan terbatas di 2 (dua) provinsi yaitu Kecamatan Ayah, Sempor
dan Karanggayam di Kebumen, Jawa Tengah serta Kecamatan Rogojampi, Sempu
dan Muncar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jumlah agen yang
diikutsertakan berjumlah 14 agen.
Fasilitas yang terdapat di agen tersebut adalah
transaksi registrasi, transaksi penyetoran, transaksi penarikan tunai
T-Bank dan beberapa transaksi lain. Agen tersebut adalah nasabah
individual Kupedes BRI, mitra payment point BRI dan Plasa Telkom sebagai
agen Bank dalam rangka wujud dari sinergi BUMN.
Terkait keagenan, agen dapat berupa Badan Usaha
maupun Individual yang telah menjadi nasabah dan dikenal baik oleh bank,
untuk individual maka calon agen tersebut harus memiliki usaha minimal
berjalan 2 tahun dan merupakan putra daerah (penduduk setempat).
Nah, sementara itu non nasabah disyaratkan harus
menempatkan deposit dana serta ada mitigasi risiko lainnya seperti
supervisi/pengawasan oleh BRI Unit dan Teras BRI setempat yang saat ini
berjumlah lebih dari 7.500 seluruh Indonesia.
Untuk Anda ketahui, T-Bank sendiri bisa diartikan
sebagai produk yang bisa mengantarkan penggunanya untuk menikmati
layanan perbankan tanpa perlu jadi nasabah bank atau tanpa perlu pergi
ke Bank.
Caranya cukup sederhana dan hanya memerlukan handphone biasa, tidak harus smart phone.
Tekan *212#, tekan call akan muncul menu:
- (1) Registrasi
- (2) Info saldo
- (3) Pesan kode akses (untuk pengambilan di Agen atau di ATM Bank BRI)
- (4) Ubah PIN
- (5) Transfer antar nomor handphone
- (6) Informasi produk dan promo lainnya.
Transaksi setoran ke rekening T-Bank bagi yang telah
menjadi nasabah BRI dapat dilakukan via Mobile Banking BRI, sedangkan
bagi yang bukan nasabah BRI dapat melalui Agen T-Bank. Sementara itu,
untuk penarikan tunai dapat dilakukan di ATM BRI, E-Buzz BRI, Teras
Keliling dan Agen T-Bank.
Saldo maksimal rekening T-Bank yang registrasinya
dilakukan melalui handphone adalah Rp 1 juta, sementara yang registrasi
di agen sebesar Rp 5 juta. Untuk saat ini, nomor handphone yang dapat
didaftarkan sebagai rekening T-Bank adalah Telkomsel dan selanjutnya
akan dikembangkan untuk provider lainnya.
Dalam pelaksanaan uji coba di atas, program telah
berjalan selama 2 minggu dan telah terdaftar sebanyak 1.782 nomor
rekening T-Bank. Selanjutnya jumlah Agen diperluas ke seluruh wilayah
Indonesia.
Untuk informasi mengenai BANK BRI dapat di akses melalui situs www.bri.co.id atau ikuti twitter @kontakBRI.
Sumber :
http://ads2.kompas.com/layer/bri/promobri/index.html
1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon