Senin, 17 Juni 2013

Kedubes AS: Ada komunitas Yahudi di Jakarta, Manado dan Surabaya

Yahudi Ortodoks. REUTERS/Eric Thayer
Kedutaan Besar Amerika Serikat mengeluarkan laporan Kebebasan Beragama Internasional 2012 di Indonesia. Mereka mencatat kepercayaan di luar enam agama yang diakui pemerintah, tidak diakui dan cenderung tidak dihormati.

Pemerintah Indonesia mengakui enam agama, Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konfusianisme.

Menurut sensus pemerintah Indonesia 2010, sensus terakhir yang ada, jumlah penduduk Indonesia kurang lebih 237 juta. Sekitar 87 persen dari populasi adalah Muslim, 7 persen beragama Protestan, 3 persen Katolik Roma, dan 1,5 persen beragama Hindu.

"Kelompok beragama lainnya (Buddha, penganut kepercayaan pribumi tradisional, Konfusius, golongan agama Kristiani lainnya, serta kelompok lain yang tidak termasuk dalam pertanyaan sensus) berjumlah sekitar 1,25 persen dari populasi," demikian isi laporan yang dimuat di situs Kedubes AS di Jakarta.

Populasi Muslim hampir seluruhnya Sunni. Dari lebih 207 juta Muslim, diperkirakan satu hingga tiga juta adalah Syiah. Terdapat banyak kelompok- kelompok Muslim yang lebih kecil, termasuk sekitar 200.000-400.000 jemaah komunitas Muslim Ahmadiyah.

"Terdapat sejumlah kecil komunitas Yahudi di Jakarta, Manado dan Surabaya," kata mereka.

Sekitar 20 juta orang, terutama di Jawa, Kalimantan dan Papua, menganut berbagai sistem keyakinan tradisional, yang seringkali disebut secara kolektif sebagai Aliran Kepercayaan. Ada sekitar 400 komunitas Aliran Kepercayaan yang berbeda di seluruh nusantara. Banyak yang menggabungkan keyakinan mereka dengan salah satu agama yang diakui pemerintah dan mencatatkannya sebagai agama yang diakui tersebut.

Terdapat sejumlah kecil populasi Sikh, diperkirakan sekitar 10.000 dan 15.000 orang, terutama bermukim di Medan dan Jakarta. Komunitas Baha'i dilaporkan mempunyai ribuan jemaah namun tidak terdapat angka yang pasti. Falun Dafa (atau Falun Gong), yang lebih menganggap diri mereka sebagai sebuah organisasi spiritual dibanding sebuah agama, mengklaim mempunyai beberapa ribu pengikut, namun tidak ada jumlah yang spesifik.

"Jumlah penganut atheis juga tidak diketahui namun kelompok Atheis Indonesia mengklaim bahwa mereka mempunyai lebih dari 500 anggota," tulis laporan itu.

Islam Sunni adalah agama mayoritas di seluruh negeri ini. Pengecualian khusus meliputi provinsi Bali, yang sebagian besar Hindu, dan provinsi Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara, yang seluruhnya didominasi Kristen Protestan.
 
Sumber :
http://www.merdeka.com/peristiwa/kedubes-as-ada-komunitas-yahudi-di-jakarta-manado-dan-surabaya.html

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon