Minggu, 16 Juni 2013

68 Persen orang tua tak pernah jelaskan seks pada anak


Menjelaskan mengenai seks atau hubungan seksual pada anak memang bukan hal yang mudah. Semua orang tua pasti mengalami masa sulit ketika anak mereka mulai menanyakan bermacam hal yang berkaitan dengan seks. Tampaknya hal ini hampir dialami oleh semua orang tua di dunia, baik di Asia, maupun di barat.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 68 persen orang tua tak pernah berusaha menjelaskan masalah seks pada anak-anaknya. Kebanyakan dari mereka merasa malu untuk menjelaskannya. Bahkan sekitar 47 persen orang tua percaya bahwa sekolah memiliki tanggung jawab penuh untuk mengajarkan anak tentang hubungan seksual.

Hasil ini diketahui berdasarkan survei yang dilakukan oleh CouponCodes4u pada 2.305 orang tua yang memiliki setidaknya satu anak berusia di atas 12 tahun, seperti dilansir oleh Daily Mail (11/06).
Sekitar 44 persen orang tua beralasan bahwa mereka terlalu malu untuk mendiskusikan seks dengan anak. Sekitar 27 persen mengatakan bahwa mereka menjauhi topik itu karena alasan agama. Sementara 11 persen orang tua tak mau menjelaskan hal itu karena tak percaya bahwa anak membutuhkan pelajaran seksual.

Uniknya, 15 persen orang tua percaya anggota keluarga lain seperti kakak bisa menjadi rujukan bagi anak mereka untuk belajar tentang seks. Lebih dari seperlima percaya anak mereka bisa belajar dari teman-temannya. Sementara lebih dari 11 persen orang tua merasa televisi dan internet bisa memberikan pelajaran tentang seks pada anak.

Meski diskusi mengenai seks dengan anak adalah salah satu hal yang ditakuti orang tua, namun lebih dari 62 persen orang tua setuju bahwa pendidikan seks penting bagi anak. Hanya 18 persen orang tua mengaku bahwa mereka sendiri baru mendapatkan pelajaran itu saat dewasa. Lantas, berapa usia yang cocok bagi anak untuk mulai mengetahui tentang seks?

Sekitar 49 persen orang tua berpikir anak harus mulai memahami seks ketika berusia 10 atau 15 tahun. Sekitar 37 persen orang tua juga percaya bahwa mengajarkan tentang seks secara langsung pada anak juga bisa mencegah anak untuk mencari informasi dari sumber lain, yang bisa jadi salah dan mendorong mereka melakukan hal yang tak benar.

Bagaimana pendapat Anda, para orang tua? Apakah Anda juga mengalami kesulitan saat memberi pelajaran tentang seks pada anak? Atau Anda termasuk orang tua yang tak setuju dengan adanya pendidikan seks pada anak? Bagi pendapat dan pengalaman Anda di kolom komentar.

Sumber :
http://www.merdeka.com/sehat/68-persen-orang-tua-tak-pernah-jelaskan-seks-pada-anak.html

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon