Minggu, 16 Juni 2013

Mahasiswa jurusan ini cenderung suka begadang dan kurang tidur


Tak sedikit mahasiswa yang suka mengeluh kurang tidur dan mengantuk di siang hari. Namun ternyata keluhan tersebut berkaitan dengan jurusan yang ditempuh.

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli dari Pennsylvania State University dalam jurnal Sleep, mereka yang kuliah di jurusan media adalah mahasiswa yang cenderung suka begadang dan kurang tidur. Bahkan dalam sehari, mereka bisa tidur 3-3,6 jam lebih sedikit dibandingkan dengan mahasiswa yang lain.

Sementara itu, mahasiswa jurusan manajemen, hukum, dan sistem informasi adalah tipe 'evening people' atau lebih aktif di sore hari. Kemudian mahasiswa jurusan nutrisi merupakan kebalikan dari orang-orang media, yaitu 'morning people' yang bisa bangun pagi dan mampu memenuhi jadwal tidurnya dengan baik.

Penelitian tersebut berdasarkan data dari 1.200 mahasiswa yang kuliah di 30 jurusan berbeda. Mereka mengikuti kuesioner tentang waktu paling aktif di sepanjang hari, durasi tidur, dan jadwal bangun setiap pagi.

"Sebaiknya masalah tidur ini diperhatikan oleh mahasiswa. Sebab hal itu bisa jadi kebiasaan sampai di dunia kerja dan mengganggu kesehatan mereka," terang kepala penulis penelitian, Dr Frederick M Brown, seperti yang dikutip dari Huffington Post.

Sayangnya penelitian ini tidak mengungkap alasan di balik kecenderungan begadang dan kurang tidur dari mahasiswa tersebut. Bagaimana menurut Anda?

Sumber :
http://www.merdeka.com/sehat/mahasiswa-jurusan-ini-cenderung-suka-begadang-dan-kurang-tidur.html

Artikel Terkait

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.
EmoticonEmoticon